Sabtu, 11 Februari 2017

Parkinson Disease

Penyakit Parkinson yaitu degenerasi sel saraf dengan cara bertahap pada otak sisi tengah yang berperan mengatur gerakan badan. Tanda-tanda yang banyak di ketahui orang dari penyakit ini yaitu terjadinya tremor atau gemetaran. Sedang tanda-tanda awalannya umumnya susah dikenali. Penyakit Parkinson berlangsung saat beberapa sel saraf di otak yang membuahkan neurotransmitter dopamine mulai mati. Utama tahu sinyal tanda awal penyakit ini lantaran orang sering tak tidak mengerti mereka mempunyai Parkinson serta tahu-tahu penyakit itu sudah berkembang. " Waktu Anda alami beberapa gejala paling utama Parkinson, seperti tremor serta kekakuan, Anda telah kehilangan 40 hingga 50 % dari produksi neuron dopamin. Mengawali penyembuhan awal sangat mungkin Anda menjaga kehilangan dalam jumlah besar, " Rezak menjelaskan.

1. Hilangnya indera penciuman 
Hilangnya bau sering diikuti dengan hilangnya rasa. Dopamin yaitu pengantar kimia yang membawa tanda pada otak serta otot serta saraf di semua badan. Seperti yang menghasilkan dopamin sel mati, indera penciuman jadi terganggu, serta pesan seperti isyarat bau tidaklah sampai.
" Pasien menyampaikan mereka ada di pesta serta kebanyakan orang berkomentar mengenai seberapa kuat minyak wangi salah seseorang wanita, serta dia tak dapat mencium baunya, " kata Rezak.

2. Susah tidur 
Pakar saraf tetaplah siaga pada keadaan tidur cepat yang di kenal sebagai rapid eye-movement behavior disorder (RBD). Orang dengan RBD mungkin saja berteriak, menendang, atau menggemeretakkan gigi mereka. Mereka bahkan juga bisa menyerang pasangan tidur mereka. Sejumlah 40 % orang dengan RBD pada akhirnya meningkatkan Parkinson sekurang-kurangnya 10 th. lalu, kata, Rezak.

Dua permasalahan tidur yang lain yang biasanya terkait dengan Parkinson yaitu sindrom kaki gelisah (kesemutan atau rasa tusukan di kaki serta perasaan kalau Anda mesti memindahkan mereka) serta mendadak berhenti bernapas sesaat waktu tidur (sleep apnea).

Tak semuanya pasien dengan keadaan ini mempunyai Parkinson, namun beberapa besar pasien Parkinson--hingga 40 % dalam masalah sleep apnea--memiliki keadaan ini.

3. Alami sembelit serta masalah berkemih 
Satu diantara sinyal awal yang paling umum dari Parkinson--dan yang paling diabaikan lantaran terdapat beberapa peluang penyebab--adalah sembelit serta kentut. Ini hasil dari penyakit Parkinson yang mulai memengaruhi system saraf otonom, yang mengatur kesibukan otot halus seperti yang bekerja perut serta kandung kemih. Usus serta kandung kemih bisa jadi kurang peka serta memperlambat sistem pencernaan keseluruhnya.

Satu diantara langkah untuk mengetahui ketidaksamaan pada sembelit umum serta sembelit dikarenakan oleh Parkinson yaitu kalau yang paling akhir kerap dibarengi dengan perasaan kenyang, bahkan juga sesudah makan amat sedikit.

4. Kurangnya ekspresi wajah 
Kehilangan dopamin bisa memengaruhi otot-otot muka, bikin mereka kaku serta lambat serta menyebabkan kurangnya ciri-ciriistik ekspresi. " Sebagian orang menyebutnya sebagai muka batu atau muka poker, " kata pakar saraf Pam Santamaria, pakar Parkinson di Nebraska Medical Center di Omaha.

5. Nyeri pada leher
Sinyal ini begitu kerap berlangsung pada wanita, sesudah mengeluhkan tremor serta kekakuan. Nyeri leher ini sifatnya selalu berlanjut, tak seperti kram otot umum yang hilang sesudah satu atau dua hari. Pada sebagian orang, nampak mati rasa serta kesemutan.

6. Lambat waktu menulis 
Satu diantara tanda-tanda Parkinson, yang di kenal sebagai bradykinesia, yaitu perlambatan serta hilangnya gerakan spontan serta teratur. Tulisan tangan yaitu satu diantara tempat yang paling umum untuk tentang sinyal bradykinesia.

Membersihkan serta kenakan pakaian juga dipakai untuk menandai kemunculan bradykinesia. Seorang mungkin saja perlu saat lama untuk berdandan atau punyai urusan dengan ritsleting serta ingincang yang lain.

7. Pergantian nada 
Nada mulai beralih, kerap jadi tambah lebih lembut serta lebih monoton. Ini yaitu sinyal yang kerap dilupakan dokter yang mendiagnosis seorang dengan penyakit ini. Otot-otot muka yang kaku membuatnya lebih susah menyampaikan suatu hal dengan terang. " Sebagian pasien mulai alami kesusahan buka mulut mereka, " kata Rezak.

8. Lengan tak berayun bebas 
Lengan tidak dapat direntangkan dengan bebas, hingga untuk mencapai vas bunga di rack paling tinggi bakal alami kesusahan. Dapat pula, satu diantara lengan tidak bebas berayun seperti lengan yang lain.

9. Berkeringat dengan cara berlebihan 
Saat Parkinson memengaruhi system saraf otonom, ia kehilangan kemampuannya untuk mengatur badan, yang bisa mengakibatkan pergantian pada kulit serta kelenjar keringat. Sebagian orang temukan diri mereka berkeringat dengan cara tidak teratasi saat tak ada argumen yang pasti, seperti panas atau kekhawatiran. Untuk seseorang wanita, serangan ini kabur dengan tanda-tanda menopause. Arti resmi untuk tanda-tanda ini yaitu hiperhidrosis.

10. Pergantian situasi hati serta kepribadian 
Beberapa pakar tak meyakini kenapa, namun ada beragam pergantian kepribadian berkaitan dengan yang datang dengan Parkinson, termasuk juga kekhawatiran disampaikan dalam kondisi baru, penarikan sosial, serta depresi. Sebagian riset tunjukkan kalau depresi pada seorang yang terlebih dulu tak merasakannya yaitu sinyal pertama pada umumnya pasien Parkinson.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar